Karakteristik Sosial dan Budaya Penduduk

Kependudukan

Pertumbuhan penduduk Desa Johowinong dari tahun 2005 hingga tahun 2009 mengalami peningkatan hingga jumlah total penduduk sebanyak 3.860 jiwa penduduk.

Jumlah Penduduk Tahun 2005 – 2009

Sumber: Kecamatan Mojoagung Dalam Angka 2010

Jumlah penduduk ditinjau dari jenis kelamin, perbandingan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 1.923 jiwa dan perempuan sebanyak 1861 jiwa.

Data Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin

Sumber: Data Monografi Desa Johowinong 2011

Jumlah kepala keluarga yang terdapat di Desa Johowinong sebanyak 1184 jiwa. Berdasarkan jumlah penduduk yang terdapat di Desa Johowinong terdapat beberapa kategori diantaranya keluarga pra sejahtera sebanyak 252 jiwa, keluarga sejahtera I sebanyak 450 jiwa, keluarga sejahtera II sebanyak 379 jiwa, keluarga sejahtera III sebanyak 85 jiwa, dan keluarga sejahtera III plus sebanyak 10 jiwa.

Data Jumlah Penduduk Menurut Kategori Kesejahteraan

Sumber: Data Monografi Desa Johowinong 2011

Penduduk Desa Johowinong seluruhnya beragama Islam, sehingga kegiatan yang dilakukan baik kaum laki-laki, perempuan, bahkan remaja yaitu berupa pengajian atau yang biasa disebut dengan tahlilan.

Berdasarkan tingkat pendidikan masyarakat, Desa Johowinong memiliki tingkat pendidikan yang berbeda yaitu tidak bersekolah, TK, lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA hingga lulusan Perguruan Tinggi. Secara kualitatif dapat digambarkan bahwa mayoritas penduduk Desa Johowinong lulusan SD, dan sebagian masyarakat lulusan SD bermatapencaharian sebagai petani, sedangkan jumlah masyarakat dengan lulusan perguruan tinggi berjumlah sedikit.

Berdasarkan mata pencahariannya, penduduk Desa Johowinong memiliki pekerjaan sebagai petani, buruh tani, pengusaha industri, buruh industri, buruh bangunan, pedagang, pengangkutan, dan pegawai negeri. Berdasarkan tata guna lahan, sebagaian besar penduduk Desa Johowinong bermatapencaharian sebagai petani, hal itu disebabkan karena sebagian besar lahan yang terdapat di Desa Johowinong merupakan lahan pertanian.

 

Sosial dan Budaya

Sejarah Desa

Sebelum tahun 1900 (perkiraan) ada seseorang yang bernama Srigunting. Konon Srigunting adalah merupakan keturunan dari Ratu di Mataram, yang sekarang dikenal oleh masyarakat dengan sebutah Nyi Sedokun.

Nyi Sedokun adalah yang pertama kali Babat Alas, pada saat Babat Alas. Alas hutan tersebut banyak pohon besar yang disebut pohon JOHO, serta pohon WI yang sangat besar yang membentang sampai ke (NONG) Utara (LOR) dan Selatan (KIDUL). Selain itu, di pinggiran desa ada pulau kecil yang di sebelahnya ada sendang berisi air terus menerus baik musim hujan maupun musim kemarau. Nyi Sedokun berkata bahwa tempat inin dinamakan Johowinong karena adanya pohon Joho dan Wi tersebut.

Pemerintahan Desa Johowinong dimulai pada tahun 1880. Sebagai kepala desa pertama adalah Bapak Poninten. Kepala desa kedua adalah Bapak Soelaksono yang bergelar Jolelo. Pada saat ini Johowinong dibagi menjadi 5 Dukuhan yaitu: Dusun Johowinong, Plosorejo, Winongkidul, Karangtengah, dan Winonglor. Bapak Soelaksono bertempat tinggal di Dusun Karangtengah dan tidak lama kemudian meninggal dunia pada tahun 1925. aktivitas yaitu petani jagung dan padi karena sebagian besar mata pencaharian petani di Desa Johowinong adalah petani jagung dan

Kepala Desa ke tiga dijabat oleh Bapak Samiran yang bergelar Joyowiro pada tahun 1926 yang dijabatnya selama umur hidupnya. Atas kepemimpinan, beliau mendirikan sekolah SR pada tahun 1950 yang bertempat di rumah Bapak Legimin dan Bapak Kerto. Sekolah tersebut kemudian berkembang terus sampai di rumah Bapak Sukro dan di rumah Bapak Subekti dan yang terakhir di rumah Bapak Joyotrimo (Carik Desa Johowinong).

Pada tahun 1959 diadakan musyawarah desa untuk membahas pembangunan gedung sekolah. Hasil musyawarah memutuskan membangun sekolah di sawah desa yang berdiri 4 kelas pada tahun 1960. Denga usaha swadaya masyarakat, pada tahun 1961 menambanh bangunan sekolah 4 lokal lagi. Pada tahun 1963 sekolah mempunyai 8 lokal. Bapak Joyowiryo menjadi Kepala Desa sampai pada tahun 1980 karena meninggal dunia dan pada tahun tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang menambah gedung sekolah 2 lokal yang akhirnya jumlah local SDN Johowinomg 10 lokal.

Pada tahun 1981 Kepala Desa Johowinong dijabat oleh Bapak Kadimo. Pada tahun 1987 listrik masuk Desa Johowinong. Masa jabatan Kepala Desa Kadimo berakhir pada tahun 1990. Pada tahun 1990 pemilihan dilakukan, sebagai kepala desa terpilih adalah Bapak Samsul Hudah dengan masa bakti 1990 samapai 1998. Kemudian pada tahun 1999 Kepala Desa terpilih Bapak Gunan sampai pada tahun 2002. Karena Bapak Gunan mengundurkan diri dari jabatan Kepala Desa selanjutnya jabatan kepala desa dirangkap oleh Bapak Rojiun Heru Widodo selaku Sekdes dan PJ Kepala Desa.

 

Diagram Aktifitas

Diagram Aktivitas Keluarga Petani

Sumber: Survei Primer 2011

 

Diagram Aktivitas Keluarga Peternak

Sumber: Survei Primer 2011

 

Diagram Aktivitas Keluarga industri

Sumber: Survei Primer 2011

Keterangan:

 

Kondisi Kelembagaan

Kelembagaan yang terdapat di desa Johowinong Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang adalah terdiri dari lembaga formal dan lembaga non formal desa.

Lembaga Formal :

Pemerintah Desa

  • Kepala Desa
  • Sekertaris Desa
  • Kepala Urusan Keuangan
  • Ketua Dusun
  • Ketua RW
  • Ketua RT

Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)

Lembaga Permusyawaratan Masyarakat Desa (LPMD)

P2KP (Simpan Pinjam)

P2SPP

Lembaga Non Formal :

Karang Taruna

PKK

GSI (Gerakan Sayang Ibu)

Hansip

KPTR (KUD Tebu)

Kelembagaan Desa Johowinong

Sumber: Hasil Participatory Rural Appraisal, 2011

 

 

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: