Karakteristik Fisik Binaan (HasilSurvei)

Tata Guna Lahan Desa

Penggunaan lahan Desa Johowinong digunakan untuk lahan terbangun dan lahan tidak terbangun yaitu berupa lahan persawahan, permukiman, dan sarana prasarana. Peruntukan lahan untuk persawahan memiliki prosentase terbesar dengan jumlah 72% dan permukiman sebesar 28% . Lahan persawahan digunakan sebagai perkebunan yang mengarah ke jenis vegetasi seperti tebu dan jagung. Selain sebagai persawahan lahan diperuntukkan untuk permukiman dengan  pola linier yang mengikuti jalan dan ketersediaan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan masyarakat Desa Johowinong.

Persawahan

Lahan persawahan di Desa Johowinong adalah sebesar 171.000 ha dengan prosentase 72% dari keseluruhan luas lahan di Desa Johowinong. Mayoritas persawahan yang ada di desa Johowinong adalah tebu dan jagung, sedangkan tanaman padi ditanam saat musim hujan di bulan kesatu sampai bulan keempat.

Permukiman

Permukiman di Desa Johowinong mempunyai luas sebesar 66.000 ha dan prosentasenya 28% dari seluruh luas Desa Johowinong. Mayoritas bangunan di desa Johowinong termasuk dalam kategori permanen. Terdapat lima dusun di Desa Johowinong yaitu Dusun Johowinong, Dusun Winonglor, Dusun Winongkidul, Dusun Karangtengah, dan Dusun Plosorejo sedangkan Dusun yang mempunyai permukiman terbanyak ada di Dusun Johowinong. Selain itu juga terdapat sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan masyarakat Desa Johowinong. Berdasarkan studi literatur dapat disimpulkan bahwa pola permukiman Desa Johowinong adalah memiliki pola Arranged Isolated Farm Type, yaitu suatu desa dimana orang-orang berdiam di sekitar jalan-jalan yang berhubungan dengan Trade Center (TD) dan selebihnya adalah sawah ladang mereka.

Persentase Pengunaan Lahan

Kecamatan Mojoagung Dalam Angka 2009

 

Sarana Desa

Pendidikan

Lahan peruntukan sarana pendidikan yang terdapat di Desa Johowinong sebanyak 3 unit yaitu SD Johowinong I, SD Johowinong II, dan MI setara dengan SD yang tergabung dengan RA setara dengan TK. Persebaran sarana pendidikan yang ada terdapat di salah satu dusun saja yaitu Dusun Johowinong. Semua sarana pendidikan yang ada di Desa Johowinong mampu melayani tingkat desa, dan semua berskala desa. Sehingga masyarakat yang berasal dari dusun-dusun lain Desa Johowinong juga berkesempatan menggunakan sarana tersebut. Luas rata-rata sarana pendidikan Desa Johowinong, yaitu luas lahan 2.879 m² dan luas bangunan 669 m².

Kesehatan

Sarana kesehatan yang ada di Desa Johowinong berjumlah 7 unit yang tersebar di semua dusun yang ada. Terdapat 1 unit Puskesmas Pembantu, 1 unit Bidan, dan 5 unit Posyandu. Dimana semua sarana kesehatan tersebut melayani seluruh masyarakat desa. Lokasi puskesmas Pembantu dan bidan terdapat di Dusun Johowinong, kedua sarana tersebut mampu melayani pasien di setiap harinya dengan jadwal-jadwal tertentu. Sedangkan untuk 5 unit Posyandu tersebar merata di 5 dusun yang terdapat di Desa Joihowinong, dimana skala pelayanan untuk satu dusun dengan jadwal pemeriksaan sebulan sekali, umumnya minggu pertama di awal bulan. Luas rata-rata sarana kesehatan Desa Johowinong, yaitu luas lahan 229 m² dan luas bangunan 46 m².

Perdagangan dan Jasa

Sarana perdagangan dan jasa merupakan sarana yang paling banyak di Desa Johowinong, dengan jumlah 45 unit yang tersebar di semua dusun secara merata sesuai kebutuhan masyarakat. Umumnya sarana perdagangan tersebut berupa toko, warung, dan jasa yang didirikan sendiri oleh masyarakat setempat dengan lahan tempat tinggal mereka sendiri. Untuk sarana perdagangan pada umumnya mempunya jam buka 07.00 pagi dan jam tutup 09.30 malam. Dimana masing-masing toko ataupun warung tersebut mempunyai skala pelayanan satu dusun, namun beberapa toko, warung, atau jasa tersebut mampu melayani satu desa seperti Travel Umroh dan Haji, UD. Keong Mas (Persewaan Terop), dan lain sebagainya. Luas rata-rata sarana perdagangan dan jasa Desa Johowinong, yaitu luas lahan 426 m² dan luas bangunan 22 m².

RTH dan Olahraga

Lahan peruntukan sarana RTH dan Olahraga untuk Desa Johowinong berjumlah 3 unit, yaitu berupa lapangan. Sarana tersebut tersebar di Dusun Johowinong, Winong Lor, dan Karang Tengah masing-masing sebuah lapangan, dimana skala pelayanannya untuk masyarakat satu dusun tersebut. Luas rata-rata sarana RTH dan olahraga Desa Johowinong, yaitu luas lahan 2.282 m² dan luas bangunan 2.282 m².

Pemerintahan dan Pelayanan Umum

Sarana Pemerintahan dan Pelayanan Umum yang ada di Desa Johowinong berjumlah 5 unit, dimana persebarannya merata di semua dusun yaitu sebuah balai dusun yang melayani dusun mereka masing-masing. Sedangkan untuk kantor desa terdapat di Dusun Johowinong dan melayani satu desa tersebut. Luas rata-rata sarana pemerintahan dan pelayanan umum Desa Johowinong, yaitu luas lahan 558 m² dan luas bangunan 221 m².

Peribadatan

Sarana peribadatan di Desa Johowinong berjumlah 19 unit, dengan rincian masjid 3 unit dan jumlah musholla atau langgar sebanyak 16 unit. Luas rata-rata sarana peribadatan Desa Johowinong, yaitu luas lahan 675 m² dan luas bangunan 177 m².

Keamanan

Peruntukan sarana keamanan keseluruhan di Desa Johowinong berjumlah 9 unit, yang berupa Pos Keamanan yang tersebar di semua dusun kecuali Dusun Plosorejo. Dimana masing-masing Pos Keamanan tersebut dikelola oleh badan Linmas Hansip Desa yang telah dibagi di tiap dusun. Luas rata-rata sarana keamanan Desa Johowinong, yaitu luas lahan 21 m² dan luas bangunan 19 m².

Pemakaman

Peruntukan lahan untuk sarana pemakaman terdapat 5 unit yang terdapat di semua dusun. Untuk pemakaman Dusun Johowinong, Karang Tengah dan Plosorejo terdapat di masing-masing wilayah dusunnya. Sedangkan untuk makam Winong Kidul dan Winong Kidul terdapat di satu lahan, yang terbagi dua secara merata. Semua sarana pemakaman tersebut mempunyai skala pelayanan yaitu untuk satu dusun tersebut. Luas rata-rata sarana pemakaman Desa Johowinong, yaitu luas lahan 2.225 m² dan luas bangunan 2.225 m².

Persentase Jumlah Sarana Desa Johowinong

Sumber: Hasil Survei Primer 2011

 

Prasarana Desa

Jalan

Kondisi prasarana jalan di Desa Johowinong tidak terlalu baik, dilihat dari sebagian jalan berupa aspal dengan kondisi permukaan aspal yang tidak rata dan banyak terdapat lubang-lubang dan sebagian berupa perkerasan tanah, paving dan bebatuan yang menjadi hambatan untuk aksesbilitas dan kegiatan masyarakat. Kondisi jalan ketika musim hujan terutama jalan yang masih perkerasan tanah dan bebatuan digenangi air hujan.

Hirarki jalan yang ada di Desa Johowinong meliputi, jalan lokal primer, jalan lokal sekunder, jalan lingkungan primer dan jalan lingkungan sekunder. Pada jalan utama yang berhirarki jalan lokal primer menjadi pusat kegiatan pelayanan umum di Desa Johowinong dan yang menghubungkan dari desa menuju Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang masih tergolong baik, tetapi jalan yang menghubungkan antara Desa Johowinong menuju Kabupaten Mojokerto masih belum dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Air Bersih

Sumber air bersih yang digunakan masyarakat Desa Johowinong merupakan sumber air yang berasal dari sumur bor, 100% masyarakat di Desa Johowinong memenuhi kebutuhan air bersih menggunakan sumur bor. Pada tahun 1970an masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih dengan bantuan sumur timbah hingga pada tahun 1990. Kemudian pada tahun 2000 hingga saat ini kebutuhan air bersih dipenuhi dengan menggunakan sumur bor dengan alat bantu pompa air yang langsung di salurkan ke rumah warga masing-masing. Sebagian besar rumah penduduk memiliki sumur bor pribadi. sedangkan untuk jaringan air bersih di PDAM belum masuk di Desa Johowinong.

Sanitasi

Sanitasi di Desa Johowinong menggunakan septictank. Setiap rumah penduduk yang terdapat di Desa Johowinong menggunakan septictank pribadi yang terletak disetiap rumah penduduk.  Untuk fasilitas umum beruapa MCK umum terdapat di Dusun Plosorejo dan Dusun Winong Kidul dengan kondisi yang kurang terawat, MCK umum digunakan oleh penduduk Dusun dan para petani yang berada di dusun tersebut, karena letak MCK yang dekat dengan permukiman dan ladang.

Drainase

Kondisi drainase yang terdapat di Desa Johowinong memiliki sistem drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Saluran drainase yang terdapat di Desa Johowinong sebagian besar kering dan tersumbat dengan sampah. Fungsi drainase di desa ini tidak berfungsi dengan baik karena penduduk di Desa Johowinong mengalih fungsikan drainase sebagai tempat pembuangan sampah dan ada pula yang menjadikannya tempat untuk bertanam.

Sistem Persampahan

Sistem persampahan Desa Johowinong dikelola oleh masing-masing rumah. Sampah yang dihasilkan oleh tiap-tiap rumah dikumpulkan di depan atau belakang halaman masing-masing rumah dan kemudian sampah-sampah tersebut dibakar. Hal tersebut dilakukan oleh masyarakat desa karena tidak terdapat TPS (Tempat Pembuangan sampah) di Desa Johowinong tersebut.

Jaringan Listrik

Prasarana listrik yang digunakan di Desa Johowinong merupakan sumber yang berasal dari PLN. Pada tahun 1980 hingga tahun 1990 PLN sudah mulai masuk Desa Johowinong. Sebanyak 80% masyarakat Desa Johowinong terlayani pada tahun tersebut. Saat ini seluruh masyarakat Desa Johowinong sudah terlayani oleh jaringan listrik.

Telekomunikasi

Desa Johowinong tidak terdapat BTS telekomunikasi (provaider) dan tidak adanya jaringan telepon rumah di desa ini. Meskipun demikian jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut tergolong lancar. Sebagian besar masyarakat desa memiliki alat telekomunikasi berupa telepon genggam, sehingga masyarakat di desa ini masih dapat melakukan komunikasu dengan menggunakan alat komunikasi yang lain.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: